0

Gimana caranya mentokin speedometer... ?
Jika kalian mengetik keyword “shogun” pada kolom google, maka hal terindah yang muncul adalah definisi tentangnya … Bahasa jepang Shogun bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti “komandan perang”. Filosofi ini mencerminkan semangat Michio Suzuki dalam menciptakan sebuah kendaraan yang dilahirkan untuk memimpin. Sejak pertama munculnya Shogun 110cc, meski dikenal dengan julukan Shogun “Kebo” (lebih karena kontur bodinya yang menggembung) namun larinya melebihi kancil.  Hehehe…
Flashback ke tahun 97an, shogun kebo menjadi primadona balap, melebihi Honda grand, supra, atau yamaha crypton… Terkenal unggul karena dimensi pistonnya paling gede, dan payung klep paling gede pula, disokong cdi Shindengen yang masih dicari-cari hingga saat ini, putaran atas shogun memang menggila. Hingga kini suzuki kukuh mengembangkan performa motornya dalam balutan konsep suzuki shogun 125.
Memiliki bakat kencang, sehingga modifikasi mesin shogun 125 bisa dimulai dari langkah yang tidak terlalu ekstreme. Basic mesin dibekali stroke 55 milimeter, dan lingkar piston 53,5 milimeter, asupan bahan bakar yang mampu ditampung silinder sebanyak 124cc merupakan sumber besaran tenaga Shogun mampu menjerit 9.6 ps @ 8,000 RPM. Bila kondisi mesin sehat maka tak sulit rasanya meningkatkan tenaganya mendekati angka 15 horsepower dengan sedikit colekan saja.

piston thunder 125
Ganti Piston
Shogun 125 memiliki diagonal baut tanam mesin Langkah pertama adalah, melengserkan piston standard dengan milik suzuki thunder 125, dengan dimensi 57 milimeter , kapasitas mesin dapat didongkrak menjadi 140cc. Semakin banyak modal yang dihisap, semakin banyak yang dipompakan ke ruang bakar, bum!! Hasil ledakan makin dahsyat = Tenaga makin besar.
Bukannya latah dan tanpa pertimbangan, mengapa berani bore up, karena diameter baut tanam shogun 125 cukup besar berarti sanggup menerima torsi pengencangan lebih kuat maka tidak diragukan mesin ini mampu menerima kompresi yang relatif besar. Kedua, ketebalan daging liner dari suzuki shogun 125 masih aman jika menerima piston thunder. Bahkan karena lubang tengah crankcase masih memiliki potensi untuk dibesarkan lagi hingga ke ukuran piston sonic 0.s 3.00 yang mendekati dimensi piston Honda Tiger. Hmmm…
Modifikasi Piston, Kubah ruang bakar
Setelah ganti piston harus modif ulang squish ? Oh, belum tentu… sabar dulu. Pabrikan suzuki mempunyai idealisme berbeda dibanding yamaha. Desain kubah ruang bakar hemi, atau menyerupai mangkok, biasanya memang agak lemah di putaran bawah. Oleh karenanya dengan meningkatkan kompresi , diharapkan mampu membantu akselerasi namun tanpa mengorbankan putaran atas juga.
Ruang bakar dalam kondisi standar setidaknya masih mudah untuk dihitung, volume V2 didapat 14,4cc. Dengan mendesain piston berkiblat pada bawaan pabrik maka kompresi sudah berada di angka 10.7 : 1, masih aman minum premium, atau bila piston thunder tadi didesain ulang menyerupai dome Suzuki smash, maka kompresi yang lebih tinggi bisa didapat tanpa harus melakukan pemapasan kepala silinder.
ruang bakar hemi
ruang bakar type hemi
Porting , Noken As dan Klep
Porting pasti menyesuaikan, tidak terbantahkan, revisi porting untuk meningkatkan efisiensi asupan bahan-bakar ke dalam silinder harus dilakukan. Bowl area, atau area disamping kiri-kanan bushing klep adalah fokus utama.
Noken as cukup ditambah lift +- 0.8 milimeter, dengan lifter yang tidak terlalu tinggi berarti pir klep standard masih bisa digunakan, pun pula tidak mudah floating. Demi amannya agar klep tidak bertabrakan dengan piston, maka coakan relief diperdalam dua kali lipat, atau  +- 1.5 milimeter.
Untuk newbie / pemula, mempertahankan katup standard dirasa cukup dengan dimensinya 25 milimeter untuk inlet, dan 22 milimeter outlet, masih lebih baik daripada mio yang lebih sering di bore up 155 cc tapi klep masih standard… Entah ngirit mode : on, atau lagi bokek hehehe… :) Kabar gembira lainnya adalah, seandainya besok di kemudian hari ada rejeki bisa ganti motor suzuki hayabusha, kan ga susah-susah amat ngebalikin standardnya.
Bagi para pro, maniac mesin kencang, katup standard bisa dimodifikasi back cut, atau diganti dengan katup racing dari TK japan. Anti tanggung bisa juga head dimodifikasi untuk pemasangan katup honda sonic, namun yang ini memerlukan biaya tidak sedikit dan waktu ekstra sabar.

CDI BRT POWERMAX
Finishing
Penutup acara modifikasi mesin adalah dengan hadirnya bintang tamu, CDI Powermax rancangan Tommy Huang dari Bintang Racing Team, Indonesia pastinya. Melengserkan cdi standard untuk memperkuat output pengapian dan menstabilkan arus. Disamping itu CDI BRT memiliki limitasi RPM yang lebih tinggi, sebenarnya sih butuhnya cukup 1,000 – 2,000 rpm lebih tinggi aja dari standardnya. Toh, bukan buat balap…
Pengaturan leher knalpot dan penataan ulang silinser di cak Sahek knalpot menjadi salah satu kuncian. Suara tetap halus, namun laju menggemaskan. Membuat rival-rival di jalan gemas jika tidak bisa mengejar motor halus tapi kencang hehehe… tapi seandainya mau melengserkan knalpot standard dengan full system costumize, maka tenaga lebih besar adalah harga yang pantas untuk dibayar.
Jeting karburator disesuaikan ulang, ingin open air filter yang memaksimalkan pasokan udara , atau tetap memakai sistem close loop seperti standard bawaan motor, umumnya pilot jet dan main jet tidak terlampau jauh dari standard , pj 22.5 , mj 105.  Bila pasokan ingin maksimal bisa mengandalkan karburator pe 28 milimeter, disokong intake koso, maka tenaga mesin diputaran atas makin menggila.
karbu shogun125 primadona balap liar *otomotif
karbu shogun125 primadona balap liar *otomotif
Budget
Piston kit suzuki thunder 125                                             rp. 250.000,-
overbore        + bubut piston                                               rp. 80,000,-
packing top set                                                                      rp. 50,000,-
bobok knalpot                                                                       rp. 75,000,-
porting polished cylinder head, colek kem, overhaul      rp. 300,000,-

RAT MOTORSPORT SIDOARJO
raya bypass juanda no 1 :: sidoarjo :: jawa timur
0856.455.77.007
dragswega201@gmail.com



Noken As Racing motor :: RAT MOTORSPORT

noken as jupiter hyperstreet

noken as road race :: ultra race

cam ultra drag :: black series

Menerima order :: Noken as racing untuk harian / touring / drag / grasstrack / roadrace
harga mulai Rp, 250,000,-
RAT MOTORSPORT INDONESIA
RAYA BYPASS JUANDA NO 1
SIDOARJO
085645577007

Head racing satria fu new spec 2011

Cylinder head fu klep 27/23

Minimal untuk bore up piston scorpio

bore up suzuki satria fu :: 200cc lebih :: untuk harian -- balap!

noken as racing suzuki satria fu

wartawan sedang meliput
Mengapa head 4 klep lebih baik daripada yang 2 klep ?
Head multivalve apalagi suzuki satria fu, yang dibekali teknologi Double Over Headed Camshaft :: alias 2 batang klep diatas kepala silinder, bubungan in terpisah dengan bubungan out,  adalah lompatan besar dalam dunia mesin motor indonesia. Jenjang karir bagi mekanik yang memahami sistem DOHC, bisa jadi melompat menangani mesin-mesin mobil, hmmm…
Belajarnya pun, kita harus bertolak kepada tuner mobil, salah satu anutan yang dipakai oleh RAT adalah, Bill Sherwood dari Sidney Australia. Beliau menerangkan bahwasanya head dengan jumlah klep inlet maupun out ganda , memiliki beberapa keunggulan, dibanding head konvensional.
  1. Mengurangi beban dan tenaga yang hilang akibat gesekan, utamanya di retainer set atau camshaft follower.Rocker-arm dan perangkatnya adalah kerugian, karena untuk membuka klep, noken as masih harus dimakelari oleh perangkat lain. Bandingkan dengan head satria fu, noken as bekerja mengontrol langsung buka dan tutup klep, tidak ada perantara, minim beban gesek. Artinya bisa kamu lihat , suzuki satria fu dengan mudahnya menarikan jarum tachometer ke belasan ribu RPM. Pernah lihat grand standard seperti itu… ooo tidak bisa :)
  2. Kebutuhan pir klep yang lebih lembut. Dengan berat massa klep yang relatif lebih ringan, batang klep fu ber-diameter 4,5 milimeter , dibandingkan megapro berdiameter 5,5 milimeter. Payung klep fu hanya 22 milimeter, dibandingkan megapro 31 milimeter. Berat dari klep ini sendiri adalah kerugian, untuk mengembalikan klep pada kedudukannya, megapro membutuhkan pir klep lebih keras, sedangkan fu cukup dengan pir klep relatif lembut. Kinerja mesin berputar menjadi ringan, akselerasi tidak diragukan lagi = yahud!
  3. Nafas. Ini ada hubungannya dengan valve curtain area, atau luasan saat klep terbuka, rata-rata multiklep memiliki flow 20 % lebih baik daripada yang klep tunggal. More FLOW = More POWER!
Dasarnya suzuki satria FU emang sudah lumayan kencang, tapi kalau jiwa dan imaji kalian lebih dari itu… kami siap membantu!
Seperti salah satu ide untuk membangun motor harian kencang, adalah dengan BORE UP!
Jangan jadi banci dengan main tanggung, instalasi piston scorpio adalah pilihan tepat, kapasitas mesin melonjak menjadi 200 centi cubic. Kenapa ga stroke up? Dengan tetap mengandalkan langkah standard, kita masih bisa meneriakkan mesin FU dengan keras di RPM tinggi!! Dasar argumentasinya ada di teori yang bernama : Piston Speed.

Stroke in inches x rpm

Piston speed in FPM =
————————


6
yuk kita hitung, langkah fu 48,8 milimeter dikonversi dalam inches , menjadi 1,921 , anggap saja kita ingin mesin mampu teriak hingga 12.000 RPM. Maka hasil perkaliannya adalah 3.842  fpm. Mesin modern biasanya memiliki limit kinerja mesin di kisaran 4,000 fpm. Jadi sadarlah, 12,000 fpm adalah limitasi aman untuk kinerja kruk as dan part-lainnya. Mesin awet itu berasal dari mekanik yang cerdas dan pemilik motor yang menurut, jadi ketika keliling Indonesia naik fu bore up – cukup oper gigi di 11,000 RPM lah paling tinggi, dijamin aman selama seluruh penataan benar :)
Untuk balap? Lain lagi, mesin fu bisa dipaksa untuk teriak hingga 13,000 RPM lebih, apalagi mesin balap drag… hanya saja yang perlu kita tahu, dalam balap -selesai event mesin kita bongkar dan dievaluasi ulang, part-part apa yang perlu diganti jadi kelihatan, bukan menunggu rusak dan jebol.
Porting head adalah penentu utama apakah mesin sanggup teriak hingga belasan ribu RPM atau tidak. Meningkatkan aliran udara berarti meningkatkan performa mesin. Tidak semua bagian pada porting diambil oleh pisau tuner, bagian-bagian tertentu dengan kelokan tidak rata, dan area yang bumpy menjadi konsentrasi utama.
Pengaturan kompresi saat bore up menjadi kuncian, negosiasi antara tenaga dan bahan-bakar yang harus dipakai menjadi topik pembicaraan antara mekanik dan pemilik motor. Untuk dipakai sehari-hari penting untuk menjaga kompresi tidak terlampau tinggi dari desain pabrikan, untuk menjaga keawetan spare-part.
Lift noken as cukup ditinggikan 1 milimeter dari standard, durasi dibuka di kisaran 288 derajat, untuk lebih memberi banyak tenaga pada mesin. Durasi lebih besar berarti banyak bahan-bakar masuk ke dalam silinder, hal ini membutuhkan penyesuaian waktu penyalaan busi lebih maju, maka cdi REXTOR adjustable didaulat untuk menyelaraskan pembakaran. Pengkabut bahan-bakar dibantu dari moncong keihin pe28 yang sudah direamer 3 milimeter agar tidak terjadi jelaga dalam transfer tenaga hingga RPM tinggi. Kampas kopling suzuki RGR dan pir kopling suzuki smash menjadi andalan penghantar daya anti selip. Knalpot dengan pipa multi taper menggeser knalpot standard, apa yang bisa dipertahankan mungkin hanyalah tabung silincer standard, namun dalaman haruslah dimodifikasi ulang untuk meningkatkan tenaga.
Kini Suzuki satria FU 200 CC siap menemanimu di segala suasana, pencet electric starter – nya, … RRRrrrooOAAAAARRrrrRR!!!
Tetap Sehat! Tetap Semangat! Biar bisa modifikasi mesin tiap hari!!!
RAT MOTORSPORT INDONESIA
RAYA BYPASS JUANDA NO. 1
SIDOARJO
0856 455 77 007
mail us : dragswega201@yahoo.com
facebook : swega RAT, wawan RAT, kicky RAT, abby yasa yanuar
7
Spec 2011

Blok diisi piston hi-dome

Head minerva dirubah dengan katup mobil lebih besar

abby RAT :: Konsentrasi porting head

ukuran itu penting :: tapi geometri yang menghasilkan SWIRL itu lebih penting

Abby RAT sibuk nge-papas noken as
Jika harry potter memiliki segudang ilmu sihir , maka RAT pun tak mau kalah dalam mengembangkan ilmunya. Kami bukan peng-copy yang menunggu hasil, kami adalah kreator : pencipta , pengembang, pengolah. Jiwa kami bergejolak, penuh gelora dan gairah akan modifikasi. Imajinasi kami liar. Apa yang dianggap orang mustahil, kami akan jalani!
Minerva kok mau kencang…? Kata orang… mimpi…! Kami tetap meneguhkan hati. Ketika orang mentertawai… kami membongkarnya. Orang lain mencemooh konstruksi dan bahan mesinnya… kami memodifikasi dan mengembangkannya. Ketika orang lain masih ditempat yang sama dan terbengong… kami berlari kencang meninggalkannya!
Jika kamu memiliki mimpi dan keteguhan hati : Welcome home brother. RAT adalah garasi untuk semua rider. Jangan heran jika minervamu mampu melahap motor jepang lain nantinya.
  • Bore Up! Menanamkan piston dengan diameter lebih besar, memberi daya hisap ke dalam silinder lebih banyak sebagai sumber tenaga mesin. Kapasitas mesin membengkak = tenaga besar!
  • Hi-Dome ! Meningkatkan daya tekan campuran udara/bahan bakar ke cawan pembakaran, menaikkan kompresi = menaikkan tenaga, akselerasi lebih cepat.
  • Rubah klep besar! Gerbang pintu jalur masuk bahan-bakar dan pembuangan gas sisa pembakaran lebih besar, meningkatkan efisiensi kerja mesin, menjadikan lebih ringan dalam menghisap bahan-bakar/memompa sisa pembakaran!
  • Porting-Polished! Menata ulang geometri dan ukuran jalur hisap dan buang pada kepala silinder untuk memaksimalkan debit dan kecepatan udara masuk dan keluar silinder.
  • Cammed Up! Ubahan durasi dan lifting noken as memberi nafas lebih, tenaga ekstra pada putaran menengah ke atas yang tidak ada habisnya. Overlaping klep lebih tinggi, memaksimalkan pembilasan, mesin lebih dingin dan putaran atas lebih bagus.
  • Karburator Keihin Pe28mm! Desain venturi lebih bagus dengan skep rounded, pilihan tepat untuk menambah tenaga diatas 6,000 RPM dan terus mensuplai hingga 12,500 RPM.
  • Modifikasi Knalpot! Pengaturan ulang knalpot meningkatkan konsentrasi tenaga, pelepasan gas buang optimal berarti memberi banyak ruang di dalam silinder untuk udara bersih masuk dan mengisi silinder.
TETAP SEHAT-TETAP SEMANGAT! BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TIAP HARI
RAT MOTORSPORT INDONESIA
RAYA BYPASS JUANDA N0. 1
SIDOARJO
085645577007
dragswega201@gmail.com / facebook : Swega RAT, Abby Yasa Yanuar, Kicky RAT, Wawan RAT,


4

head mx dibelah

setelah diwelding dan rubah derajat

dibentuk ulang porting dan papas noken as nya

Finishing... tinggal di seting :) gas gas gas
READY FOR ORDER
CYLINDER HEAD BIG VALVE YAMAHA JUPITER MX
Valve size :: 22/19 :: 23/20 :: 24/21 :: 25/22 :: 26/23
RAT MOTORSPORT INDONESIA
RAYA BYPASS JUANDA NO 1
SIDOARJO – JAWA TIMUR
085645577007
facebook : Swega RAT
dragswega201@yahoo.com